Home » , » Panduan Langkah demi Langkah untuk Sukses Melakukan Pencarian Pekerjaan

Panduan Langkah demi Langkah untuk Sukses Melakukan Pencarian Pekerjaan

OLEH: ALISON DOYLE

Bagi kebanyakan dari kita, mencari pekerjaan tidak pernah mudah, apakah itu pertama atau kelima Anda mencari pekerjaan baru. Jika Anda merasa kewalahan atau tidak tahu harus mulai dari mana - jangan khawatir. Pencarian pekerjaan adalah seni dan sains, yang membutuhkan waktu, perencanaan, persiapan, dan banyak kekuatan otak.

Yang benar adalah, mencari pekerjaan bisa menjadi pengalaman yang melelahkan dan menakutkan. Namun, jika Anda mendekatinya secara sistematis, prosesnya akan jauh lebih mudah dikelola, dan Anda akan mendapatkan lebih banyak kesuksesan dalam mendapatkan tawaran yang layak Anda terima.

Ikuti langkah-langkah ini untuk kursus kilat tentang cara mencari pekerjaan.

Strategi Transisi Anda
Ketika datang untuk mencari pekerjaan, semua orang mulai di suatu tempat, apakah Anda baru saja selesai sekolah, Anda berencana untuk mengundurkan diri untuk kesempatan yang lebih baik atau perubahan karir, Anda telah dipecat, atau Anda telah diberhentikan. Terlepas dari keadaan Anda, rencanakan pendekatan Anda dan berhati-hati untuk mengatasi setiap rintangan potensial di depan.

Ketika Anda Mengundurkan Diri
Kecuali Anda memiliki sarana keuangan untuk melakukannya, jangan mengundurkan diri sampai Anda mendapatkan posisi baru (dan siapkan penjelasan yang tepat untuk pengunduran diri Anda, karena Anda mungkin akan diminta selama wawancara). Selain itu, Anda harus memastikan untuk mengoordinasikan waktu pengunduran diri Anda dan tanggal mulai dari pekerjaan baru.

Ketika Anda Telah Dipecat atau Dimasukkan
Jika Anda telah dipecat atau diberhentikan, hindari menghubungkan perusahaan yang memungkinkan Anda pergi dengan calon majikan, kecuali Anda yakin manajer Anda akan memberikan referensi yang bersinar. Ini mungkin hanya berlaku jika Anda diberhentikan karena pemotongan anggaran atau restrukturisasi perusahaan.

Bahkan dalam tahap awal ini, mulailah menyusun jawaban Anda untuk salah satu pertanyaan wawancara yang paling menantang: Mengapa Anda dipecat?

Bersiaplah untuk Berbagi Kisah Anda
Tidak masalah mengapa Anda melanjutkan, dapatkan kisah Anda sekarang dan pelajari dengan hati-hati. Sampaikan latar belakang Anda dengan cara yang menarik dan meyakinkan, sehingga Anda siap untuk menjelaskan alasan Anda menemukan pekerjaan baru, bagaimana hal itu terkait dengan sasaran profesional Anda, dan mengapa Anda paling cocok untuk posisi apa pun yang diberikan.

Tentukan Pekerjaan Apa yang Anda Inginkan dan Layak
Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan, Anda harus mencari tahu posisi apa yang Anda inginkan. Punya judul pekerjaan tertentu, lalu lakukan riset untuk menentukan kata kunci yang akan Anda gunakan ketika Anda mulai mencari pekerjaan.

Semoga semua informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi anda semuanya, dan untuk mendapatkan informasi terbaru seputar tips kerja dan lowongan kerja silahkan anda bergabung menjadi bagian dari kami dengan cara berlangganan.

Ketika Anda mulai mencari pekerjaan, deskripsi pekerjaan, tanggung jawab, dan persyaratan akan memberi tahu Anda lebih dari sekadar judul, karena jabatan dan peran cenderung bervariasi antar perusahaan. Ini juga bisa menjadi latihan yang bermanfaat untuk menulis deskripsi pekerjaan sampel yang menguraikan posisi ideal Anda.

Meskipun itu dapat diterima untuk diterapkan ke beberapa posisi "jangkauan", jangan buang waktu Anda untuk mencari atau melamar pekerjaan yang jelas-jelas Anda tidak memenuhi syarat untuk itu. Cari tahu terlebih dahulu bagaimana Anda akan memutuskan pekerjaan mana yang akan diterapkan, kemudian aktifkan parameter ini ketika Anda sedang mencari pekerjaan.

Tentukan Prioritas Pribadi dan Profesional Anda
Tentukan prioritas Anda sebelum memulai pencarian kerja Anda. Pertama, buat daftar "must-haves," seperti lokasi perusahaan dan waktu perjalanan Anda, kisaran gaji dan pilihan tunjangan yang diinginkan, dan faktor-faktor lain yang "tidak dapat dinegosiasikan" kepada Anda.

Kemudian, buat daftar "nice-to-have." Misalnya, apakah Anda mencari jenis budaya perusahaan tertentu? Apakah Anda lebih suka bekerja di perusahaan yang sudah mapan, atau di bisnis baru atau kecil?

Persiapkan Resume and Cover Letter Anda
Anda harus memiliki versi "master" dari resume Anda yang diselesaikan, diformat, dan diperiksa sebelum Anda mulai mencari pekerjaan.

Anda akan dapat men-tweak saat Anda mencari pekerjaan untuk menyoroti dan menekankan pengalaman atau kualifikasi yang berbeda berdasarkan spesifik dari berbagai posisi yang Anda lamar.

Petunjuk: Lihat contoh resume teratas ini sebagai titik awal untuk menulis atau menyegarkan resume Anda.

Meskipun surat pengantar lebih sulit untuk dipersiapkan, karena harus dipersonalisasi untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar, tinjaulah apa yang harus dimasukkan dalam surat lamaran dan cari tahu apa yang dapat Anda tulis sebelumnya, dan apa yang perlu Anda sesuaikan setelah Anda mulai melamar pekerjaan.

Dapatkan Referensi Sekarang
Sebagian besar pekerjaan yang Anda lamar akan mengharuskan Anda menyediakan tiga hingga empat referensi profesional yang dapat membuktikan kualifikasi Anda. Anda tidak ingin harus berebut untuk menjangkau orang-orang ini, atau yang lebih buruk, meminta pewawancara menangkap mereka dengan kejutan. Sebagai gantinya, hubungi mereka terlebih dahulu dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin menggunakannya sebagai referensi.

Jelajahi (dan Perluas) Jaringan Anda
Jaringan dapat menjadi cara yang sangat ampuh untuk mendapatkan pekerjaan jika dilakukan dengan benar.

"Jaringan" Anda dapat mencakup mantan kolega, manajer, klien, alumni dari almamater Anda, teman, atau teman dari teman, anggota keluarga, tetangga, atau siapa pun dari "komunitas" milik Anda.

Meskipun koneksi kehidupan nyata adalah kuncinya, jelajahi teman Facebook dan kontak LinkedIn Anda untuk mengetahui apakah Anda dapat menemukan orang yang bekerja di industri Anda atau di perusahaan tempat Anda ingin bekerja.

Jika Anda merasa jaringan Anda lelah, luangkan waktu untuk mengembangkannya. Karena Anda kemungkinan besar akan dipekerjakan jika Anda memiliki koneksi di dalam perusahaan tempat Anda mendaftar, mendedikasikan satu atau dua jam untuk memperluasnya dapat jauh lebih berharga daripada menggunakan waktu itu untuk melamar pekerjaan acak.

Anda dapat memperluas jaringan Anda baik online dengan menambahkan teman dan koneksi, dan offline dengan menghadiri acara industri seperti konferensi atau pameran dagang, atau pergi ke acara networking karir.

Mulai Mencari dan Menerapkan untuk Pekerjaan
Jadi Anda telah menggariskan posisi yang Anda inginkan, dan kata kunci pencarian yang akan Anda gunakan untuk menemukannya. Anda menggosok keberadaan online Anda. Referensi Anda berbaris dan berharap untuk mendengar dari atasan. Resume Anda sudah siap, dan Anda telah menulis beberapa materi untuk diintegrasikan ke dalam surat lamaran yang akan Anda sesuaikan setelah Anda menemukan beberapa opsi pekerjaan potensial. Sekarang, saatnya untuk mencari dan melamar pekerjaan-pekerjaan itu.

Ada banyak tempat untuk mencari pekerjaan. Situs seperti Monster.com, Indeed.com, Dice.com, dan CareerBuilder.com adalah salah satu situs pekerjaan terbaik dan paling banyak digunakan. LinkedIn juga bisa menjadi tempat yang bagus untuk mencari pekerjaan, dan dapat menunjukkan kepada Anda jika Anda memiliki koneksi di perusahaan yang mempekerjakan.

Craigslist adalah opsi yang solid juga, terutama jika Anda berada di lokasi perkotaan, meskipun menelusuri di bawah "Pekerjaan" dan bukan "Gigs" kecuali Anda mencari pekerjaan jangka pendek atau sementara. Jika Anda tinggal di kota kecil atau pedesaan, kemungkinan surat kabar lokal Anda juga akan mencantumkan peluang kerja di masyarakat sekitar.

Selain itu, situs-situs niche yang mencantumkan jenis pekerjaan khusus merupakan sumber daya yang bagus. Ada banyak jenis situs pekerjaan khusus industri di luar sana; Cukup Google "daftar pekerjaan [industri Anda]" untuk memulai.

Akhirnya, jika Anda tahu Anda ingin bekerja untuk perusahaan tertentu, cari lowongan pekerjaan langsung di situs web mereka. Anda mungkin harus melakukan penggalian, tetapi sebagian besar perusahaan mendaftarkan pekerjaan di laman "Karier" atau "Peluang" yang dapat Anda temukan di bagian bawah situs web.

Ingatlah bahwa sebagian besar aplikasi pekerjaan saat ini adalah aplikasi online, jadi Anda harus mengirimkan versi digital surat lamaran dan resume Anda. Pastikan untuk menggunakan alamat email yang berfungsi (dan profesional) untuk semua korespondensi yang terkait dengan pencarian pekerjaan Anda.

Tetapkan Tujuan dan Dapatkan Terorganisir
Pencarian pekerjaan adalah proses yang melelahkan, dan mudah dibakar. Tetapkan tujuan yang masuk akal dan dapat dicapai untuk diri Anda sendiri. Misalnya, Anda mungkin ingin menerapkan ke sepuluh pekerjaan per minggu. Kemudian, pastikan untuk menyisihkan waktu untuk menyelesaikan tujuan-tujuan ini. Anda mungkin harus membuat beberapa pengorbanan, seperti bangun jam tambahan lebih awal, atau menggunakan istirahat makan siang Anda untuk mencari pekerjaan.

Atur kemajuan pencarian pekerjaan Anda dan catat pekerjaan yang Anda lamar, dan kapan, sehingga Anda dapat menindaklanjutinya.

Petunjuk: Gunakan enam kiat sederhana ini untuk memaksimalkan produktivitas pencarian kerja Anda.

Bersiaplah untuk Wawancara
Langkah selanjutnya dalam pendaratan pekerjaan adalah dengan mengikuti wawancara Anda. Anda mungkin memiliki beberapa putaran wawancara, biasanya dimulai dengan wawancara telepon, lalu diikuti dengan wawancara langsung. Anda tidak boleh mengambil risiko wawancara dengan "hanya mengikutinya." Ambil persiapan wawancara Anda dengan serius, dan pastikan untuk:

Baca dengan cermat uraian tugas, dengan fokus pada tanggung jawab dan persyaratan. 
Bersiaplah untuk menjelaskan, dengan contoh nyata, bagaimana Anda memenuhi persyaratan dan bagaimana Anda dapat memenuhi tanggung jawab.

Lakukan penelitian terhadap perusahaan, termasuk pernyataan misi mereka dan pencapaian terbaru apa pun atau perubahan dalam strategi atau posisi.
Berlatihlah menjawab pertanyaan wawancara khusus untuk posisi dan industri yang Anda inginkan.

Persiapkan Wawancara Telepon
Untuk wawancara telepon, sisihkan setidaknya 45 menit waktu tenang tanpa gangguan. Minta resume dan surat lamaran dicetak atau dibuka di komputer Anda untuk referensi. Pastikan untuk menerima panggilan di suatu tempat dengan layanan seluler yang sangat baik. Jika Anda memilikinya, telepon rumah lebih disukai untuk kualitas audio yang optimal.

Persiapkan untuk Wawancara Orang-Dalam
Untuk wawancara langsung, sampailah 10 menit lebih awal dengan surat lamaran tercetak dan resume. Pastikan berpakaian untuk mengesankan, dan ekspresikan antusiasme yang sopan dan profesional tentang posisi dan perusahaan.

Luangkan Waktu untuk Mengucapkan Terima Kasih
Pastikan untuk meluangkan waktu untuk menindaklanjuti setelah wawancara dengan ucapan terima kasih atau pesan email yang menegaskan kembali minat Anda terhadap pekerjaan dan perusahaan.

Mengevaluasi Penawaran Kerja
Dengan tawaran pekerjaan di tangan, sekarang saatnya untuk mengevaluasi opsi Anda. Lihatlah kembali ke daftar "must-have" dan "nice-to-have" asli Anda dan lihat di mana penawaran tersebut cocok. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor praktis, seperti gaji, tunjangan, waktu liburan, budaya perusahaan, perjalanan Anda, serta sikap dan kepribadian orang-orang yang akan Anda ajak bekerja.

Jika Anda terjebak, buat daftar pro dan kontra - dan pastikan untuk mendengarkan naluri Anda untuk memilih pekerjaan terbaik untuk Anda.

Thanks for reading & sharing Tips Kerja Sukses | Boxcareer

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan anda disini dan share informasi kami untuk yang lain.

Terima Kasih

Admin

Masukan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Temukan Disini