Home » , , , » Kerangka Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar yang disukai Perusahaan

Kerangka Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar yang disukai Perusahaan



Kerangka Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar yang disukai Perusahaan - Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika akan membuat surat lamaran kerja yaitu pada kebersihan dari surat lamaran kerja yang akan disampaikan / dikirimkan ke perusahaan, hindari adanya bekas coret – coretan ataupun bekas penghapus pada surat lamarn kerja, apabila mendapati kesalahan dalam menulis surat lamaran pekerjaan sebaiknya anda menulis ulang surat lamaran kerja tersebut pada kertas yang berbeda dan bersih jangan menggunakan tip-x / stipo apabila akan menghapus kesalahan penulisan.

Isikan semua keterangan tentang data diri anda maupun informasi yang berkaitan dengan pendidikan ataupun keahlian anda jangan lupa di tambahkan beberapa persyaratan pendukung lainnya seperti halnya CV / Daftar Riwayat Hidup, FC KTP, Sertifikat – sertifikat pendukung ataupun Surat Keterangan Berpengalaman Kerja / Faklaring yang menjadi persyaratan pendukung anda dari lowongan kerja untuk posisi tersebut (Sifatnya Optional).

Kali ini saya Moch. Irwan Hermanto akan mencoba membantu menjawab semua kegalauan anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sehingga bisa anda semua jadikan referensi dalam membuat surat lamaran pekerjaan, yang sebetulnya mungkin sudah banyak orang yang mengangkat topik ini bahkan mengeni cara membuat surat lamaran kerja baik untuk ditujukan ke perusahaan maupun untuk melamar kerja menjadi CPNS.


Terdapat beberapa syarat yang harus diperhatikan ketika kita akan membuat surat lamaran kerja, serta apa yang membedakan antara surat lamaran kerja yang di tujukan untuk perusahaan dengan surat lamaran kerja yang ditujukan untuk penerimaan CPNS. Dalam membuat surat lamaran kerja dibuat bisa berdasarkan tempat tujuan lamaran kerja tersebut akan disampaikan, apakah ditujukan untuk perusahaan swasta, pemerintahan maupun untuk BUMN. Bagaimana dengan Bentuk Penulisan Surat Lamaran Kerja di buat, sebetulnya tidak ada ketetapan yang baku dalam menulis surat lamaran kerja, namun disesuaikan dengan ketentuan dari perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut, baik ditulis tangan sendiri ataupun ditulis dengan menggunakan mesin Tik seperti informasi yang disampaikan oleh dinas ketenagakerjaan, tetapi khusus untuk melamar pekerjaan sebagai CPNS maka diharuskan surat lamaran kerja itu ditulis tangan sendiri.

Kali ini saya akan memaparkan sebuah format penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar yang memang disukai oleh banyak perusahaan, perlu diingat bahwa menulis surat lamaran kerja merupakan sebuah langkah awal yang harus ditempuh para pencari kerja demi mendapatkan peluang kerja dan menjadikan sebuah alat ukur apakah seorang pelamar itu layak ataupun tidaknya jika diterima menjadi seorang karyawan perusahaan tersebut. Maka sangat penting bagi para pelamar kerja untuk dapat memperhatikan dan mempelajari cara-cara maupun tahapan dan kerangka yang harus dilakukan agar surat lamaran kerja kita diterima pihak perusahaan

Kerangka Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang benar:
Sulitkah membuat surat lamaran kerja yang benar? Jawabannya sebetulnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, hanya yang perlu diperhatikan sebelum para pelamar kerja membuat surat lamaran kerja yaitu dengan mengetahui kerangka penulisan dari surat lamaran kerja tersebut, seperti dibawah ini :


  1. Tuliskan Tempat serta Tanggal dari Penulisan
  2. Perusahaan yang ditujukan dalam lamaran kerja
  3. Menuliskan salam penghormatan
  4. Menuliskan Kata Pengantar
  5. Menuliskan Data Pribadi Pelamar
  6. Menuliskan keterampilan dan pengalaman bekerja pelamar
  7. Kata Harapan Pelamar
  8. Penutupan

 Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang baik dan disukai perusahaan :


  1. Gunakan Bahasa yang baik serta benar dalam penyampaian surat lamaran kerja
  2. Struktur Penulisan harus diperhatikan langsung pada pokonya
  3. Sebaiknya surat lamaran kerja di tulis tangan langsung oleh pelamar untuk mencerminkan si pelamar itu sendiri sehingga pihak perusahaan dapat menilai dari sisi tulisan lamaran kerjanya.
  4. Melengkapi semua data diri anda yang di butuhkan perusahaan tempat anda akan melamar pekerjaan.
  5. Jangan Lupa Sertakan juga Lampiran pendukung seperti sertifikat – sertifikat dan surat pengalaman kerja lainnya. 

Catatan : Biasanya terdapat beberapa perusahaan penyedia lowongan kerja yang mengharuskan para pelamarnya menyertakan Daftar Riwayat Hidup / Curiculum Vitae (CV), oleh sebab itu saran saya anda harus membuatkan dengan sebaik mungkin karena dalam CV merupakan keterangan selengkapnya tentang data diri kita sebagai pelamar kerja, berikan data data yang kongkrit dan kesesuaian dengan dokumen yang anda sertakan, nah untuk mengetahui contoh CV anda bisa melihat melalui link ini.

Thanks for reading & sharing Tips Kerja Sukses | Boxcareer

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. sangat membantu gan informasinya, saya sudah berkali-kali memasukkan lamaran tetapi baru mengerti sebenarnya ini yang dilihat dari surat lamaran kerja salam dari teh daduzi perut buncit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat dan membantu anda mendapatkan karir yang diimpikan, Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, salam kenal kembali

      Delete

Silahkan tinggalkan pesan anda disini dan share informasi kami untuk yang lain.

Terima Kasih

Admin

Masukan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Temukan Disini