Kerangka Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar yang disukai Perusahaan - Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika akan
membuat surat lamaran kerja yaitu pada kebersihan dari surat lamaran kerja yang
akan disampaikan / dikirimkan ke perusahaan, hindari adanya bekas coret –
coretan ataupun bekas penghapus pada surat lamarn kerja, apabila mendapati
kesalahan dalam menulis surat lamaran pekerjaan sebaiknya anda menulis ulang
surat lamaran kerja tersebut pada kertas yang berbeda dan bersih jangan menggunakan
tip-x / stipo apabila akan menghapus kesalahan penulisan.
Isikan semua keterangan tentang data diri anda
maupun informasi yang berkaitan dengan pendidikan ataupun keahlian anda jangan
lupa di tambahkan beberapa persyaratan pendukung lainnya seperti halnya CV /
Daftar Riwayat Hidup, FC KTP, Sertifikat – sertifikat pendukung ataupun Surat
Keterangan Berpengalaman Kerja / Faklaring yang menjadi persyaratan pendukung
anda dari lowongan kerja untuk posisi tersebut (Sifatnya Optional).
Kali ini saya Moch. Irwan Hermanto akan mencoba
membantu menjawab semua kegalauan anda dalam membuat surat lamaran kerja yang
baik dan benar sehingga bisa anda semua jadikan referensi dalam membuat surat
lamaran pekerjaan, yang sebetulnya mungkin sudah banyak orang yang mengangkat
topik ini bahkan mengeni cara membuat surat lamaran kerja baik untuk ditujukan
ke perusahaan maupun untuk melamar kerja menjadi CPNS.
Terdapat beberapa syarat yang harus diperhatikan
ketika kita akan membuat surat lamaran kerja, serta apa yang membedakan antara
surat lamaran kerja yang di tujukan untuk perusahaan dengan surat lamaran kerja
yang ditujukan untuk penerimaan CPNS. Dalam membuat surat lamaran kerja dibuat
bisa berdasarkan tempat tujuan lamaran kerja tersebut akan disampaikan, apakah
ditujukan untuk perusahaan swasta, pemerintahan maupun untuk BUMN. Bagaimana
dengan Bentuk Penulisan Surat Lamaran Kerja di buat, sebetulnya tidak ada
ketetapan yang baku dalam menulis surat lamaran kerja, namun disesuaikan dengan
ketentuan dari perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut, baik ditulis
tangan sendiri ataupun ditulis dengan menggunakan mesin Tik seperti informasi yang
disampaikan oleh dinas ketenagakerjaan, tetapi khusus untuk melamar pekerjaan
sebagai CPNS maka diharuskan surat lamaran kerja itu ditulis tangan sendiri.
Kali ini saya akan memaparkan sebuah format
penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar yang memang disukai oleh
banyak perusahaan, perlu diingat bahwa menulis surat lamaran kerja merupakan
sebuah langkah awal yang harus ditempuh para pencari kerja demi mendapatkan
peluang kerja dan menjadikan sebuah alat ukur apakah seorang pelamar itu layak
ataupun tidaknya jika diterima menjadi seorang karyawan perusahaan tersebut. Maka
sangat penting bagi para pelamar kerja untuk dapat memperhatikan dan
mempelajari cara-cara maupun tahapan dan kerangka yang harus dilakukan agar
surat lamaran kerja kita diterima pihak perusahaan
Kerangka Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang
benar:
Sulitkah membuat surat lamaran kerja yang benar? Jawabannya
sebetulnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, hanya yang perlu diperhatikan
sebelum para pelamar kerja membuat surat lamaran kerja yaitu dengan mengetahui
kerangka penulisan dari surat lamaran kerja tersebut, seperti dibawah ini :
- Tuliskan Tempat serta Tanggal dari Penulisan
- Perusahaan yang ditujukan dalam lamaran kerja
- Menuliskan salam penghormatan
- Menuliskan Kata Pengantar
- Menuliskan Data Pribadi Pelamar
- Menuliskan keterampilan dan pengalaman bekerja pelamar
- Kata Harapan Pelamar
- Penutupan
Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang baik
dan disukai perusahaan :
- Gunakan Bahasa yang baik serta benar dalam penyampaian surat lamaran kerja
- Struktur Penulisan harus diperhatikan langsung pada pokonya
- Sebaiknya surat lamaran kerja di tulis tangan langsung oleh pelamar untuk mencerminkan si pelamar itu sendiri sehingga pihak perusahaan dapat menilai dari sisi tulisan lamaran kerjanya.
- Melengkapi semua data diri anda yang di butuhkan perusahaan tempat anda akan melamar pekerjaan.
- Jangan Lupa Sertakan juga Lampiran pendukung seperti sertifikat – sertifikat dan surat pengalaman kerja lainnya.
Catatan : Biasanya terdapat beberapa perusahaan
penyedia lowongan kerja yang mengharuskan para pelamarnya menyertakan Daftar
Riwayat Hidup / Curiculum Vitae (CV), oleh sebab itu saran saya anda harus
membuatkan dengan sebaik mungkin karena dalam CV merupakan keterangan
selengkapnya tentang data diri kita sebagai pelamar kerja, berikan data data yang
kongkrit dan kesesuaian dengan dokumen yang anda sertakan, nah untuk mengetahui
contoh CV anda bisa melihat melalui link ini.
Thanks for reading & sharing Tips Kerja Sukses | Boxcareer
sangat membantu gan informasinya, saya sudah berkali-kali memasukkan lamaran tetapi baru mengerti sebenarnya ini yang dilihat dari surat lamaran kerja salam dari teh daduzi perut buncit
ReplyDeleteSemoga bermanfaat dan membantu anda mendapatkan karir yang diimpikan, Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, salam kenal kembali
Delete