Home » , » Contoh Soal Tes Psikotes Kerja Yang Selalu Diadakan

Contoh Soal Tes Psikotes Kerja Yang Selalu Diadakan

Pekerjaan ataupun karir bagi setiap orang sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam menerapkan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang telah didapatkannya selama dibangku sekolah maupun dibangku kuliah, maka tidak heran ketika lulus dari pendidikan banyak orang langsung membuat aplikasi/lamaran kerja yang ditujukan kepada perusahaan-perusahaan, dinas maupun instansi yang mereka harapkan bias diterima menjadi pegawai maupun karyawan di perusahaan tersebut. Fenomena melamar pekerjaan semakin tinggi karena mereka menginginkan pekerjaan dan gaji/bayaran yang tetap perbulannya, sehingga kita bisa melihat sendiri ketika dibukanya sebuah event bursa lowongan kerja selalu dipenuhi oleh para pencari kerja yang kadangkala panitia menentukan tarif untuk bisa mengikuti bursa kerja, tidak sedikit juga bahkan ada yang rela menggunakan segala cara demi mendapatkan pekerjaan yang diimpikan dan ditempatkan diperusahaan bonafied dengan bayaran yang besar.
Tips Tes Psikotes Kerja

Yang harus diperhatikan oleh setiap calon pegawai/karyawan maupun pekerja yaitu perusahaan tidak akan merekrut dan menempatkan calon pegawainya yang tidak memiliki kompetensi/skill yang sesuai dengan bidang kerja yang nantinya yang akan mereka kerjakan, maka dari itu sebaiknya demi menghindari penolakan lamaran kerja kita sebaiknya kita harus mempersiapkan sedini mungkin apa saja yang akan diminta perusahaan suapaya kita bisa lolos tahapan seleksi psikotes dan Interview Kerja nanti.
Di beberapa program beasiswa perguruan tinggi juga biasanya mengadakan tes psikotes demi menyaring calon-calon mahasiswa yang terbaik. Dan dari tes psikotes tersebut perusahaan dapat mengetahui kepribadian serta kejiwaan serta kesesuaian dengan jenis pekerjaan serta lingkungan kerjanya nanti.

Hasil tes psikotes bersifat kualitatif, yaitu berupa data-data kesimpulan kesesuaian tidaknya dengan kepribadian dengan pekerjaan yang dilamarnya. Standar hasil psikotes tentunya akan berbeda sesuai dengan posisi yang dilamar calon pekerja.

Ada beberapa tahapan seleksi yang biasanya perusahaan terapkan baik dalam kemampuan menggambar, menghitung dan berpikir dengan menggunakan logika, waktu yang diberikan sekitar 3-4 jam untuk mengerjakan ratusan soal pilihan dan uraian singkat,

TES PSIKOTES

1.    Tes Kemampuan Menggambar Objek (Orang, Pohon maupun Rumah)
2.    Wartegg Test (Tes Logika)
3.    Tes Kraeplien/Pauli (Tes Kemampuan Berhitung Secara Cepat)
4.    Edward Personal Preference Schedule (EPPS) atau PAPI Test
5.    Tes Army Alpha
6.    Tes Kode Ingatan
7.    Tes Ketelitian
8.    Tes Logika Penalaran
9.    Tes Angka
10.   Tes Analog Verbal (padanan/analogi, antonym dan sinonim kata)
11.   Tes Logika Aritmatika
12.   Tes Logika Number
13.   Tes Spasial
14.   Tes Aritmatika
15.   Tes Deret Gambar
16.   Tes Pasangan Gambar
17.   Tes Pencerminan Gambar

Tahapan tes tersebut yang harus dilalui oleh setiap calon pegawai/karyawan untuk dapat menempati posisi yang telah perusahaan butuhkan, sehingga sesuai dengan kebutuhan perusahaan, atau untuk seleksi perguruan tinggi para calon mahasiswa harus betul-betul mempelajari tahapan tes psikotes ini sehingga diterima di perguruan tinggi pilihan anda.

Inti dari semua tes yaitu kepercayaan diri setiap calon pegawai/pelamar kerja, atauapun Mahasiswa yang ikut seleksi saringan masuk Perguruan Tinggi, disiplin, mempersiapkan diri baik keilmuan maupun fisik masing-masing.

To be continued…

Bagiamana? Tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut tips dan trik masuk perguruan tinggi dan seleksi masuk kerja? Sampai ketemu diulasan berikutnya yang akan saya bahas pertahapan. Apabila ada yang ingin ditanyakan dan didiskusikan, silahkan mengisi kolom komentar

Semoga semua yang saya sampaikan dapat bermanfaat buat kita semua, dan kita mendapatkan kesusesan bersama.

Salam Sukses,

Moch. Irwan Hermanto

Thanks for reading & sharing Tips Kerja Sukses | Boxcareer

Previous
« Prev Post

2 komentar:

Silahkan tinggalkan pesan anda disini dan share informasi kami untuk yang lain.

Terima Kasih

Admin

Masukan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Temukan Disini